/* */

Wednesday, January 2, 2013

Bls: [belajar-access] Meng-append tabel secara berkala

 

Terima kasih Pak Haer Talib,

Kalau untuk yang sudah dibayar saya memang tidak menambahkan record karena sudah pasti tercatat sebagai uang yang masuk. Yang jadi masalah adalah apakah saya perlu menambahkan query yang akan mengappend jumlah yang harus dibayar anggota di setiap awal bulan, mengingat secara akuntansi setiap awal bulan akan terbit tagihan/piutang. Bagaimana menurut pendapat bapak?
Terima kasih atas masukannya

Salam,
 
Farhan Holizain


Dari: Haer Talib <haertalib@gmail.com>
Kepada: belajar-access@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 1 Januari 2013 14:59
Judul: Re: [belajar-access] Meng-append tabel secara berkala



Mas Farhan,

Anda tidak perlu mengcreate record untuk keperluan tersebut, tetapi cukup menggunakan query.
Dengan query, anda bisa menampilkan jumlah yang dibayar oleh anggota. Jika jumlah ini diselisihkan dengan jumlah yg seharusnya dibayar, maka ketemu jumlah yang masih harus dibayar.

Jika data yang masih harus dibayar ini ingin disimpan sebagai data (ke dalam table tertentu), bisa menggunakan append query.
Dalam hal ini sih tergantung kebutuhan, apakah ingin disimpan atau tidak, karena informasi seperti ini selalu bisa dihasilkan dengan query.

semoga memberi inspirasi.... :)

HAER
"Diam bisa jadi EMAS, tapi kalau ditanya orang jadi TIDAK SOPAN"


2012/12/31 Sofyan Efendi <sofyanefendi@gmail.com>


Dear Mas Farhan,
 
Dari table Master Anggota, dibuat querynya, dimana dijoinkan terhadap table Iuran Bulanan. Beri syarat Iuran Bulanan yang ditampilkan berada pada range bulan tersebut. Maka akan ditemukan ID Anggota yang sudah membayar cicilan. Maka klik 2 kali tali penghubungnya, kemudian diganti tipe joinnya menjadi ke no 3, lalu beri syarat pada ID Anggota pada table Iuran = Is Null. Maka akan diketahui pada bulan tersebut siapa saja yang belum iuran.
 
Wassalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Sofyan Efendi
----- Original Message -----
Sent: Monday, December 31, 2012 11:32 AM
Subject: [belajar-access] Meng-append tabel secara berkala

Kawan-kawan user access yang baik,

Saya sedang merancang database yayasan sosial di RW tempat tinggal saya, yang mengurus dana sosial kematian warga. Uang yang dikelola adalah iuran bulanan rutin. Setiap orang/anggota berkewajiban membayar iuran tersebut kepada petugas yang sengaja ditugaskan menagih dari rumah ke rumah.

Dalam kenyataannya, tidak semua anggota  membayar rutin tiap bulan, ada yang terlambat, ada yang membayar untuk beberapa bulan disamping tentu ada juga yang tepat waktu. Dalam database saya mencoba menerapkan sistem akuntansi, yakni setiap akhir bulan yayasan mencatatkan adanya tagihan (piutang) sejumlah anggota dikalikan dengan nilai iurannya, dengan harapan agar selalu dapat diketahui berapa saldo tagihan.

Pertanyaan: Bagaimana caranya agar aplikasi dapat meng-create sejumlah record yang mencatat hal ini setiap di akhir bulan.

Selamat menyambut tahun baru,

Farhan Holizain





--


Haer Talib

RumahAccess Indonesia
Tempatnya Belajar Microsoft Access
Artikel | Forum | Milis | Download | Training | Links | Blog | Event






__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (4)
Recent Activity:
SPAM IS PROHIBITED
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment